Loading ...

Sejarah Singkat

Kecamatan Gunung Tabur
Kec. Maratua

Hj.MARDIATUL IDALISAH, S.Pd.,MM. - CAMAT

Sejarah Kec Gunung Tabur

Gunung Tabur adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Indonesia. Kecamatan ini tepatnya terletak antara 117°49°00° Bujur Timur dan 2°17°00° Lintang Selatan yang mempunyai topografi dataran rendah dan tinggi dengan ketinggian rata-rata 55 Meter diatas permukaan laut, Mayoritas Penduduk berasal dari suku Banua yaitu suku asli yang ada di Kabupaten Berau. Kecamatan Ini memiliki 10 Kampung 1 Kelurahan yang terdiri dari Kelurahan Gunung Tabur, Kampung Tasuk, Kampung Birang, Kampung Maluang, Kampung Samburakat, Kampung Sambakungan, Kampung Merancang Ulu, Kampung Merancang Ilir, Kampung Pulau Besing, Kampung Melati Jaya, dan Kampung Batu-Batu dengan luas wilayah 1.987,49 Km2 dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :
a. Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Bulungan
b. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Tanjung Redeb dan Sambaliung
c. Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Segah
d. Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pulau Derawan

Jarak antara Kantor Camat Gunung Tabur dengan pusat Pemerintahan Kota sekitar 10 Km dan jarak dengan Pemerintahan Provinsi kurang lebih 517 Km. Kecamatan Gunung Tabur memiliki jumlah penduduk sebanyak 22.732 jiwa dengan rincian sebagai berikut :

Gunung Tabur merupakan salah satu hasil pemecahan dari Kesultanan Berau. Kesultanan ini merupakan kerajaan yang besar di mana wilayah kekuasaannya hampir separuh Pulau Kalimantan, bahkan sampai ke batas Brunei Darussalam. Yang hingga kini masih terus dilestarikan oleh masyarakat sekitar Berau yang tidak kenal henti dalam mempertahankan peninggalan sejarah ini.